Jumat, 06 Januari 2023

Manfaat Sayur-sayuran Bagi Tubuh Kita

        Sayuran adalah bagian vegetatif dari tumbuhan yang dapat dimakan, baik secara segar maupun melalui pengolahan dengan cara dimasak. Sayuran mempunyai kadar air dan serat yang tinggi sehingga umumnya mempunyai umur relatif pendek, mudah rusak dan tidak dapat disimpan terlalu lama jika tidak diperlakukan secara khusus.

Berikut ini beberapa jenis sayuran, kandungan gizi dan manfaatnya bagi tubuh manusia.

1. Kangkung

Ada dua varietas sayur kangkung yaitu kangkung darat dan kangkung air. Jenis kangkung yang biasanya digunakan adalah kangkung darat karena proses budidayanya lebih mudah. Daun dan batang ujung kangkung yang masih muda bisa dimakan mentah atau dimasak tumis hanya dengan bawang putih dan sedikit garam. Kangkung memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi berguna sebagai antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas pada kornea mata, serta mengandung beta karotin yang menjaga mata agar tetap sehat. Selain itu, kangkung mengandung vitamin C lebih tinggi daripada buah-buahan yang dapat menangkal serangan virus flu dan sariawan.

2. Bayam Brazil

Bayam brazil (Althernanthera sisso) adalah spesies tanaman sayuran berdaun yang berasal dari Brazil dan Amerika Selatan. Bayam brazil banyak mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, asam folat, antioksidan, dan zat besi yang sangat berguna untuk pertumbuhan. Jenis tanaman sayur ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, membantu sistem pencernaan, mencegah sembelit, membantu pendarahan, mencegah anemia, mengatasi masalah gusi, menjaga stamina, menjaga kesehatan mulut dan pengikatan kalsium. Mengkonsumsi bayam brazil juga dapat mencegah penuaan dini. Bagi ibu hamil, mengkonsumsi bayam brazil dapat menjaga kesehatan ibu dan bayi.

3. Daun Kenikir

Daun kenikir mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin B, dan vitamin C. Daun ini juga diketahui kaya akan kandungan mineral, seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, seng, tembaga, dan natrium. Beberapa manfaat daun kenikir yaitu mencegah diabetes, menurunkan tekanan darah, mencegah osteoporosis, mencegah pertumbuhan sel kanker, melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan jantung.

4. Daun Kelor

Daun kelor dilaporkan memiliki kandungan protein, serat lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, magnesium, fosfor, besi, sulfur, asam oksalat, vitamin A, vitamin B (Kolin), vitamin B1 (thiamine), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3, vitamin C dan vitamin E. Kandungan vitamin C, kalsium, beta karoten dan potassium pada daun kelor bermanfaat sebagai sumber anti oksidan alami. Daun kelor juga bermanfaat untuk melancarkan produksi ASI, mencegah anemia, mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan jantung dan kulit.

5. Daun Singkong

Daun singkong tidak bisa dikonsumsi langsung karena daun singkong yang masih mentah mengandung zat beracun berupa sianida. Daun singkong mempunyai kandungan nutrisi yang terdiri dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, magnesium, kalium, kalsium, zat besi, mangan, zinc dan lain sebagainya. Selain itu, daun singkong mempunyai kadar kalori dan lemak rendah. Daun singkong bermanfaat untuk memperkuat imunitas tubuh, menurunkan berat badan dan meningkatkan kepadatan tulang sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis.


Sumber:

Buku Prakarya SMP/MTs Kelas VII Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 karya Suci Paresti dkk.

https://dispertan.semarangkota.go.id/products/bayam-brazil/

repository.poltekkes-denpasar.ac.id/9780/3/Bab%202%20Tinjauan%20Pustaka.pdf

https://www.alodokter.com/beragam-manfaat-daun-kenikir-untuk-kesehatan#:~:text=Daun%20kenikir%20mengandung%20beragam%20nutrisi,seng%2C%20tembaga%2C%20dan%20natrium.

http://www.litbang.pertanian.go.id/tahukah-anda/178/#:~:text=Daun%20kelor%20dilaporkan%20memiliki%20kandungan,vitamin%20C%20dan%20vitamin%20E.

https://www.alodokter.com/kandungan-dan-manfaat-daun-kelor-bagi-kesehatan

https://dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detail/manfaat-daun-singkong-manfaat-daun-singkong#:~:text=Berdasarkan%20informasi%20yang%20diambil%20dari,kadar%20kalori%20dan%20lemak%20rendah.

https://www.alodokter.com/manfaat-daun-singkong-dan-resep-olahannya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar